PT.Boogie Advindo

PasarNet.com

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup


MATARAM, KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) mempercepat penutupan jalur pendakian ke Gunung Rinjani, Lombok, NTB, dari jadwal semula karena kondisi cuaca yang semakin ekstrim."Rencananya ditutup pada tanggal 26 Desember, tapi karena adanya laporan tentang kondisi cuaca yang semakin buruk, kami mempercepat penutupan mulai hari ini Kamis, 23 Desember 2010," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani H. Syihabudin, Kamis (23/12/2010).

Pihaknya mempercepat penutupan jalur pendakian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan yang dialami pengunjung akibat cuaca buruk.

Jalur pendakian ditutup sementara hingga 31 Maret 2011. Namun, jika kondisi cuaca belum membaik hingga batas penutupan yang ditentukan, pihaknya akan memperpanjang waktu penutupan sampai kondisi cuaca memungkinkan untuk pendakian.

Jumlah jalur pendakian yang ditutup sebanyak empat jalur yakni jalur pendakian Torean di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, jalur Senaru di Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, jalur pendakian Timbanuh, di Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur dan jalur pendakian Sembalun, di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

"Mulai hari ini tidak ada lagi penjualan tiket. Saya sudah instruksikan kepada Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) wilayah I Lombok Utara dan wilayah II Lombok Timur, untuk menutup jalur pendakian mulai hari ini," ujarnya.

Kasi Pengelolaan TNGR Wilayah II Lombok Timur, M Fadli mengaku, sudah melaksanakan instruksi penutupan jalur pendakian ke Gunung Rinjani dan menembuskan surat instruksi tersebut ke Bupati Lombok Timur dan seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten Lombok Timur.

Pihaknya, juga sudah tidak lagi melakukan penjualan tiket pendakian melalui pos penjagaaan Timbanuh, Desa Pengadangan, Kecamatan Pringgasela, dan Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Para petugas di dua pos tersebut juga diminta untuk memperketat pengawasan setelah jalur pendakian resmi ditutup untuk mencegah adanya warga yang melakukan pendakian secara ilegal.

"Cuaca di atas sudah sangat buruk, berupa hujan lebat disertai angin kencang. Sejumlah pengunjung dari luar negeri kemarin batal mendaki karena khawatir. Oleh sebab itu, kami mengimbau warga tidak nekat melakukan pendakian," ujarnya.

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup"

Posting Komentar